Rancangan Strategic Architecture Subsektor Peternakan Dalam Pembangunan Ekonomi Kabupaten Agam Sumatera Barat

  • Yulia Yulia Universitas Bangka Belitung

Abstract

Pembangunan ekonomi yang saat ini bertumpu pada subsektor peternakan tidak terlepas dari peran Pemerintah Daerah setempat. Untuk dapat menggambarkan rancangan strategic architecture/arsitektur strategik subsektor peternakan dalam pembangunan ekonomi (berupa visi, misi dan tujuan). Strategi-strategi tersebut diplotkan ke dalam arsitektur strategik dengan memperhatikan rentang waktu yaitu tahun 2019, 2020 dan 2021.
Tahun 2019 kegiatan arsitektur strategik tersebut berupa pemberian bibit ternak betina unggulan, pengendalian pemotongan ternak betina produktif, dan pencegahan penularan penyakit ternak, lalu tahun 2020 kegiatan arsitektur strategik tersebut yaitu dengan menggalakan pemberian kredit usaha, pengembangan inovasi peternak, pengembangan informasi/teknologi yang mudah dan melakukan pengolahan serta pemasaran komoditi-komoditi peternakan. Terakhir arsitektur strategik tahun 2021 adalah tinggal menerapkan dan membangun fasilitas penunjang dalam pengembangan serta mengoptimalkan pengamanan jumlah populasi, produksi dan produktivitas subsektor peternakan. Kegiatan rutin dilakukan penyuluhan terhadap subsektor peternakan. Sehingga sasaran dalam arsitektur strategik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat/peternak di Kabupaten Agam tersebut

Published
2018-04-19
How to Cite
YULIA, Yulia. Rancangan Strategic Architecture Subsektor Peternakan Dalam Pembangunan Ekonomi Kabupaten Agam Sumatera Barat. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 70-77, apr. 2018. ISSN 2550-0783. Available at: <http://www.jameb.stimlasharanjaya.ac.id/JAMEB/article/view/59>. Date accessed: 16 oct. 2018.